Beranda > Uncategorized > Unik : Tambal Ban Arang ala Probolinggo

Unik : Tambal Ban Arang ala Probolinggo

abis pulang kampung ke rumah eh sial ban sepeda motor bocor. Terpaksa harus nyari tambal ban. Muter-muter kota Probolinggo, sambil lirik kiri lirik kanan, takut-takut ada ulat bulu menclok tiba-tiba ^_^v. Dan walhasil menemukan tempat tambal ban. Tempatnya sih biasa aja kawan-kawan. Sama seperti kebanyakan tempat tambal ban yang laennya. Lah trus uniknya di mana. Yuk simak…

Mulailah si bapak tukang tambal mengeluarkan peralatannya. Ada seember arang dan sebuah alat pengepres ban. Yang aneh lagi ada alat seperti hairdryer tapi modifikasi sendiri. Hebat bener nih bapak. keratif pisan euy…..

Menunggu dan menunggu, pertama si bapak mencari paku yang menancap di ban. yup ketemu satu buah paku kecil. Trus ambil alat pengepres dan memeriksa lubang di ban dengan memasukkannya ke dalam ember berisi air. Tanda jika ban berlubang adalah keluar gelembung-gelembung udara dari ban. Yup ketemu tuh lubang, lalu di tembel dengan karet dan diberi perekat lalu dipress dan dipanaskan dengan ARANG.

Arang hehehe, aneh dan unik toh. Padahal sebagian besar tukang tambal memakai minyak tanah untuk memanaskan tapi ini malah pakai arang hehehe ^_^. setelah tanya ke bapaknya, Pak kok pakai arang?…bapaknya lalu menjawab “lebih murah dek dan hemat”…ooooohhh gitu toh…

Yang unik lagi adalah hairdryer modifikasi bapak itu. Hanya terbuat dari kaleng yang dimodifikasi dan dilas lalu didalamnya diberi kipas semacam blower sehingga bisa mengalirkan udara. Berfungsi agar arang yang digunakan cepat membara dan proses pengepressan ban bisa lebih cepat.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: